Pageviews!

read this:

mohon selalu cantumkan nama penulis, link atau nama blog setiap kali anda ingin menyalin atau men-copy paste.

Wednesday, January 21, 2015

Pelaksanaan HAM di Indonesia?



Pertama yang salah dari Pelaksanaan HAM di Indonesia atau sebab banyaknya pelanggaran pelaksanaan HAM yaitu:
  • Masih banyak banget ketidak sepahaman (atau belum ada) pada konsep hak asasi manusia, jadi ya kalo belum mengerti konsepnya gimana ga banyak pelanggaran HAM di Indonesia?
  • Kurang berfungsinya lembaga - lembaga penegak hukum such as polisi, jaksa, dan maupun pengadilan. Kenapa gue katakan demikian? Jawabnya adalah uang. Pelanggar HAM ataupun Semua Hukum yang beredar di Indonesia punya uang untuk melakukan apapun caranya dan untuk membeli apa yang dia mau. Karena uang itu pula maka para pejabat yang harusnya berwenang menegakkan peraturan menjadi tidak lagi bisa berkuasa. Mereka tunduk di bawah kekuasaan uang. Dan itulah Indonesia lol negara yang sangat kita cintai.
  • Pemahaman belum merata tentang HAM baik dikalangan sipil atau militer, dll.
Bagi yang baru belajar tentang HAM kaya gue wkwk iya baru belajar di kelas 8 semester 2 ini kalo belum tau apaitu HAM nih
HAM atau Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.


Karna banyaknya orang yang gatau konsep HAM dan mereka pun gatau adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam pelaksanaan HAM jadi ya akan seperti misalkan "hak" lo nuntut ilmu disekolah tapi juga lo harus jalanin "kewajiban" yang ada seperti mengikuti peraturan yang ada disekolah, jadi jangan seenaknya lo minta hak tanpa kewajiban nah Pancasila menjamin pelaksanaan keseimbangan antara hak asasi dan keseimbangan.
Terus juga tadi barusan gue belajar PPKn, namanya juga anak remaja siapa sih yang gapernah penasaran? pas gue obrak abrik google lol gue nemu tuh sesuatu yang bikin timbul tanda tanya besar dalam otak gue yaitu pertanyaan:
"Apa yang harus dilakukan pada saat kita menjadi Korban Pelanggaran HAM di tempat yang tidak membenarkan adanya HAM?"
dan si google pun ga punya jawaban sama sekali, pas gue nanya ke guru gue eh malah gurunya jawab tentang tugas minggu depan -_- (kalo ada yang tau jawabannya comment ya tolong wkwk)


Langsung deh solusinya gimana biar pelaksanaan HAM itu tidak adanya pelanggaran dalam pelaksanaannya, nih:
  • Mempelajari peraturan perundang - undangan mengenai HAM maupun peraturan Hukum pada umumnya
  • Memahami tentang peran lembaga - lembaga perlindungan HAM
  • Menghormati pendapat orang lain

dan pas gue baca semua TAP MPR, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mencantumkan tentang Hak Asasi ternyata gue baru tau............ ngejek temen juga merupakan pelanggaran HAM -______- dan ternyata hukum itu luas banget ga kaya yang gue pikir dari pas TK-SD wkwkwk

udahlah bingung lagi, soalnya belajarnya belum sampe akhir baru juga 2 kali pertemuan mungkin lol terus kenapa. bye.


    1 comment:

    1. WynnBet app - JShub
      WynnBet 경산 출장안마 app. WynnBet app. 충주 출장마사지 WynnBet 공주 출장안마 has arrived 아산 출장안마 to mobile casino gaming. The WynnBet app was launched in Michigan and offers players a chance to 충청북도 출장안마 win

      ReplyDelete